Jumat, 15 April 2016

MAKALAH KUNJUNGAN INDUSTRI PT. PINDAD

MAKALAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
PT. PINDAD (PERSERO) 


DISUSUN OLEH :

YUNITA WIDIASTUTY (4415210144)





TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PANCASILA




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Makalah Kunjungan Industri yang membahas PT. PINDAD (Persero)  ini dapat terselesaikan dengan baik.
 Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Seta Wicaksono selaku dosen pengajar Psikologi Industri dan Organisasi atas bimbingannya.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun motivasi agar saya dapat menjadi lebih baik dan lebih maju untuk masa yang akan datang.
Harapan saya semoga makalah yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi saya dan para pembaca.
                                                           
                                                                                                Jakarta, April 2016










BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kunjungan Industri
      Kunjungan industri merupakan kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk memenuhi tuntutan kurikulim untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan mengenai dunia industri dan manajemen sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi lulusan yang professional. Untuk menjadi lulusan yang professional tentu dibutuhkan banyak keterampilan terutama yang berkaitan dengan dunia industri dan manajemen.
      Sebagai mahasiswa Teknik Industri, kita diwajibkan memahami semua pelajaran yang kita pelajari. Tetapi, paham harus disertai dengan bisa dalam penerapannya dalam dunia kerja. Dalam kunjungan industri ini kita bisa terbayang pekerjaan apa yang akan kita lakukan nanti dan bagaimana penerapan ilmu yang kita pelajari. Terutama difokuskan dalam penerapan Psikologi Industri dan Organisasi. Kunjungan industri ini kita juga dapat melakukan observasi dan tanya-jawab kepada narasumber secara langsung.
      Disisi lain, pihak Universitas Pancasila juga menginginkan adanya dampak jangka panjang dari diselenggarakannya kegiatan kunjungan industri ini salah satunya dalam rangka penyaluran para lulusan yang professional dan memiliki kemampuan yang produktif dan siap bersaing di dunia industri dan manajemen.

1.2 Tujuan Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi mahasiswa/i sebagai berikut:
1)      Memperluas pengatahuan mahasiswa/i dalam lingkungan dunia kerja.
2)      Memotivasi mahasiswa/i agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3)      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4)      Mendorong mahasiswa/i agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.

1.3 Rumusan Masalah
1)      Bagaimana sejarah  PT. Pindad (Persero)?
2)      Apa visi dan misi PT. Pindad (Persero)?
3)      Bagaimana struktur organisasi PT. Pindad (Persero)?
4)      Apa saja produk dari PT. Pindad (Persero)?




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah PT. Pindad (Persero)
PT. PINDAD adalah Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Kegiatan PT. PINDAD mencakup desain dan pengembangan, rekayasa, perakitan dan fabrikan serta perawatan.
Berdiri pada tahun 1908 sebagai bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama Artillerie Constructie Winkel (ACW) , bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dan sesudah mengalami perubahan nama pengelola menjadi Artillerie Inrichtingen (AI) kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923.
Pada tahun 1942, di masa penjajahan Jepang, namanya berganti menjadi Dai Ichi Kozo (DIK) dan pada tahun 1947 berganti nama menjadi Leger Productie Bedrijven (LPB) .
Setelah kemerdekaan, Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkan pabrik tersebut kepada pemerintah Indonesia, dan pada tanggal 29 April 1950 , yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi Perusahaan, pabrik tersebut diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. PINDAD sekarang ini.
Pada tahun 1962 Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer yang dikelola oleh Angkatan Darat, sehingga namanya menjadi Perindustrian Angkatan Darat (PINDAD) .
PT. PINDAD berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nama PT. PINDAD (Persero) pada tanggak 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989 perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Prakarya Industri (Persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Prakarya Industri Strategis (Persero) .
Tahun 2002 PT. BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak itu PT. PINDAD beralih status menjadi PT. PINDAD (Persero) yang langsung berada dibawah pembinaan Kementerian Negara BUMN (KN-BUMN).

2.2 Visi dan Misi

Visi :

Menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di Asia pada tahun 2023, melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategik.

Misi :

Melaksanakan usaha terpadu di bidang peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan industrial untuk mendukung pembangunan nasional dan secara khusus untuk mendukung pertahanan dan keamanan negara.

2.3 Budaya Perusahaan di PT.Pindad (Persero)

·         Loyalitas, Integritas dan Dedikasi. 

Berpegang teguh pada tujuan perusahaan kejujuran dan keutuhan sikap dalam interaksi organisasi dan pengabdian pada perusahaan. Ketiga hal ini merupakan sikap keseharian setiap anggota organisasi yang mendasari setiap aksi individual dan organisasi. Semangat kelompok tidak mengalahkan prinsip pertama ini.

·         Keunggulan Teknologi

Keyakinan bahwa penguasaan dan pemanfaatan teknologi sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja untuk inovasi produk dan bahan untuk inovasi bisnis.

·         Kerjasama Kelompok.

Keberhasilan merupakan hasil dari kerjasama. Sinergi yang muncul dari kelompok yang dilandasi intergritas anggota kelompok mampu memberikan kesuksesan yang sebelumnya tak mungkin diraih.

·         Berbisnis untuk saling menguntungkan.

Pentingnya memperoleh kepercayaan dari semua pihak yang berbisnis dengan Pindad. Merupakan hal penting untuk memikirkan dan menjamin manfaat dan menambahkan nilai kepada mitra, pelanggan, pemasok dan tentu untuk Pindad sendiri. Dalam berbisnis, PT Pindad tidak akan mencari korban dan selalu berusaha untuk tidak jadi korban.

2.4 Struktur Organisasi

            Struktur Organisasi merupakan kerangka formal yang ditetapkan perusahaan. Adapun tujuan struktur organisasi adalah untuk membantu dan mengarahkan usaha-usaha dalam organisasi serta memudahkan bagi para pimpinan maupun karyawan untuk mengetahui tugas, wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Hal ini dapat menggambarkan bahwa struktur oraganisasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Jika struktur organisasi baik, maka hubungan kerjasama yang baik dan teratur dapat tercipta. Sebaliknya jika struktur organisasi tidak berjalan dengan baik maka dapat menghambat jalannya perkerjaan. Struktur organisasi PT. Pindad (Persero) teridiri dari :


2.5 Bidang usaha yang dijalani oleh PT. Pindad (Persero)
            PT Pindad (Persero) merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam bidang Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) dan produk komersial, sebagai berikut :
1)      Produksi/Manufaktur
Melakukan produksi baik produk alutsista maupun nonalutsista, mengolah bahan mentah tertentu menjadi bahan pokok maupun produk jadi serta melakukan proses assembling (perakitan) pada produk berikut :
1.      Produk senjata dan munisi
2.      Produk kendaraan khusus
3.      Produk pyroteknik, bahan pendorong dan bahan peledak (militer dan komersial)
4.      Produk konversi energi
5.      Produk komponen, sarana dan prasarana dalam bidang transportasi
6.      Produk mesin industry dan peralatan industrial
7.      Produk mekanikal, elektrikal optikal dan opto elektronik
2)      Jasa
Memberikan jasa untuk industri pertambangan, konstruksi, mesin industri  seperti :
1.      Perekayasaan system industrial
2.      Pemeliharaan produk/ peralatan industri
3.      Pengujian mutu dan kalibrasi
4.      Konstruksi
5.      Pemesinan
6.      Heat and surface treatment
7.      Drilling
8.      Blasting
9.      Jasa pemusnahan bahan peledak
10.  Jasa transportasi bahan peledak
11.  Jasa pergudangan bahan peledak

3)      Perdagangan

Melaksanakan pemasaran, penjualan dan distribusi produk dan jasa perusahaan termasuk produksi pihak lain, baik di dalam maupun di luar negeri seperti :

1.      Ammonium Nitrate

2.      Panfo

3.      Detonator Listrik

4.      Detonator Non Listrik

5.      Detonating COD

6.      Booster

7.      Geodetoseis

8.      Geopentoseis

4)      Produk dan jasa lainnya dalam rangka memanfaatkan sisa kapasitas yang telah dimiliki perusahaan.
5)      Pelanggan :
a)      Pelanggan produk  pertahanan dan keamanan negara :
TNI, Polri, Kementerian Kehakiman, Kementerian Kehutanan, Dirjen Bea Cukai, dan Pasar Ekspor
b)      Pelanggan produk komersial :
PT KAI (Persero), PT INKA (Persero), PT PLN (Persero), Kementerian Perhubungan, Galangan Kapal Nasional, Industri Pertambangan Nasional, Industri Perminyakan dan Gas Nasional, Industri Agro Nasional, Industri Elektronik Nasional.
2.6 Sistem Manajemen Mutu PT. Pindad (Persero)
PT. Pindad (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang melaksanakan usaha terpadu dibidang peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan industrial yang mendukung pembangunan nasional.
·         Memiliki dedikasi yang tinggi untuk menghasilkan produk dan menyediakan jasa, yang  konsisten dalam hal mutu, pengiriman tepat waktu, harga kompetitif dan pelayanan terbaik.
·         Menerapkan dan mengembangkan Sistem Manajemen Mutu dan K3LH secara benar, tepat dan konsisten dengan komitmen mematuhi peraturan, perundangan dan persyaratan mutu & K3LH yang berlaku, baik dari pelanggan, pemerintah dan pihak terkait yang diikuti perusahaan.
·         Berupaya mencegah kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan dengan menjamin setiap kegiatan/aktivitas perusahaan berwawasan lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan hidup.
·         Melakukan proses peningkatan yang berkelanjutan
·         Meningkatkan kepuasan kepada pelanggan.
Kebijakan ini dikomunikasikan kepada seluruh karyawan dan pihak terkait untuk dipahami dan diterapkan secara konsisten, serta ditinjau kesesuaian dan keefektifannya secara berkala.
2.7 Komitmen PT Pindad (Persero) Terhadap Lingkungan
            PT. Pindad (Persero) menerapkan kebijakan untuk melaksanakan pembangunan, pengembangan perusahaan yang berwawasan lingkungan secara berkelanjutan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman serta bebas dari kecelakaan, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan.
Unsur lingkungan yang dikelola meliputi :
  • Pengelolaan sampah dan limbah
  • Pelestarian lingkungan, seperti flora dan fauna
  • Kawasan dan lahan penelitian flora dan fauna
      Saat ini 60% dari lahan Pindad ditanami berbagai macam pepohonan dan lahan hijau, bahkan beberapa jenis pohon termasuk pohon langka. Dan yang lebih menarik, diantara lingkungan yang harmonis ini, hidup lebih dari 30 spesies burung. Beberapa burung termasuk burung yang langka  hidup di perkotaan. Kondisi tersebut memungkinkan pecinta burung baik pelajar dan masyarakat umum melakukan penelitian kehidupan burung-burung tersebut. 
2.8 Produk yang diproduksi PT.Pindad (Persero)
            PT.Pindad (Persero) dalam memproduksi produknya dibedakan atas beberapa divisi. Divisi-divisi itu adalah :
1)      Divisi tempa dan cor : divisi ini bertugas untuk memproduksi casing-casing peluru dan bom. Di PT. Pindad yang ada di Bandung hanya ada proses produksi casing karena isi peluru akan di isi oleh PT. Pindad yang ada di Malang.
2)      Divisi perkereta apian : divisi ini bertugas untuk memproduksi penjepit rel kereta api.
3)      Divisi wesel : divisi ini bertugas memproduksi wesel. Wesel adalah konstruksi rel kereta api yang bercabang (bersimpangan) tempat memindahkan jurusan jalan kereta api
4)      Divisi alat berat : divisi ini berencana untuk memproduksi eskafator
5)      Divisi kendaraan khusus : divisi ini bertugas memproduksi benda tempur. Divisi ini fokus memproduksi kendaraan tempur beroda ban. Rencananya divisi ini juga akan memproduksi kendaraan tempur beroda rantai.
6)      Divisi sejanta : divisi ini bertugas memproduksi senjata api, pistol, senapan laras panjang, dan snipper.
7)      Divisi bahan peledak : divisi ini bertugas memproduksi bahan peledak untuk komersil dan nonkomersil. Biasanya bahan peledak untuk komersil konsumennya adalah perusahaan-perusahaan tambang.





 
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Dapat disimpulkan bahwa kunjungan industri ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mencari tahu bagaimana dunia kerja yang sebenarnya. Dan dapat dilihat bahwa PT. Pindad (Persero) dalam menjalankan perusahaannya didasarkan atas Psikologi Industri dan Organisasi. Karena PT. Pindad (Persero) memiliki visi dan misi yang jelas, budaya perusahaan, dan struktur organisasi.

3.2 Saran
            Saran saya untuk PT. Pindad sebaiknya ada sesi tanya jawab dalam suatu ruangan khusus supaya pengunjung dapat mendengar penjelasan narasumber dengan jelas. 



DAFTAR PUSTAKA

 http://bumn.go.id/pindad





1 komentar:

  1. Mba mau tanya, klo buat kunjungan industri anak smk ke pindad susah ga ? Makasih

    BalasHapus

 

WELCOME FELLAS Template by Ipietoon Cute Blog Design